Semacam Obat Kerinduan

image

Bulan Ramadan membawa begitu banyak berkah. Selain meningkatnya ibadah, yakni membaca Al-Quran, Salat Tarawih, Salat Dhuha, dan Salat Malam, silaturahim pun terjalin di bulan ini. Ya, foto tersebut merupakan sebuah foto saat kami (dari kanan: Jourdan, Saya, Lala, Wakum, Ras, Adam, dan Puji, sebenarnya masih ada Bagus karena dia yang motret jadi ndak ikut ke foto) akan makan sahur bersama. Tentu ini agenda kami yang tidak biasa. Sebab biasanya di bulan puasa agendanya hanya buka bersama, jarang muncul ide sahur bersama. Dan terimakasih Lala atas idemu untuk sahur on the road ini, akhirnya bisa terealisasi.

Agenda ini terealisasi tentu ada muasalnya. Sebelumnya kami mendatangi acara Tadarus Puisi yang diselenggarakan oleh Disporabudpar Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto dan Kupu-kupu Lucu (kalau ulasan tentang acara Tadarus Puisi akan saya buatkan posting tersendiri). Tentu jika tidak ada momen tadarus puisi, tidak akan terealisasi acara sahur bersama ini.

image

Sebagian besar yang dalam sahur bareng ini awak KAJ (Wakum dan Ras teman dari Puji yang belum ikut bergabung. Entah suatu ketika ia akan ikut memproklamirkan diri menjadi awak KAJ atau tetap insidentil seperti ini). Namun KAJ tidak pernah membatasi siapa yang mau bergabung bersama kami. Semua boleh gabung, termasuk sobat CAF. Memang domisili kami di Mojokerto, tetapi orang luar Mojokerto juga boleh bergabung. Menyebut beberapa awak KAJ yang dari luar Mojokerto yakni Khoirul Muttakin (Gresik), Harier Afandi (Banyuwangi), Isam Sunyoto (Surabaya) dan Puji Rahayu (Tuban).

KAJ itu apa?
KAJ ini adalah komunitas menulis. Fokus kami menulis karya sastra. Namun ada juga yang menulis artikel. Ya, pokoknya menulis secara umum. Setiap ada yang ingin bisa menulis fiksi atau nonfiksi, kami (awak yang lebih lama bisa memberi masukan). Sejauh ini karya awak KAJ sudah ada yang terbit dalam buku dan juga media massa. Kalau media massa yang sudah memuat tulisan awak KAJ di antaranya, Radar Mojokerto, Radar Surabaya, Radar Madura, Berita Metro, Surabaya Post, Jawa Pos, Denpasar Post, Malang Post, Pos Bali, Metro Riau, Republika, Minggu Pagi, Jurnal Lembah Biru, Jurnal Rabo Sore, Jurnal Sarbi, Jurnal Jombangana, Majalah Sesasi, Majalah Widyawara, Majalah Ekspresi, Majalah Tera, dan Santri News.

Selain acara road show ini, nanti pada tanggal 4 Juli 2015 (Sabtu), kami berencana bagi-bagi takjil gratis. Tidak hanya bagi-bagi takjil saja, karena kami komunitas menulis maka di waktu ngabuburit diisi dengan baca puisi. Sedangkan untuk agenda yang pyur kepenulisan yakni diskusi karya, wisata menulis, nonton film bareng plus diskusi, dan wisata sastra.

Salah satu agenda wisata sastra di bulan Ramadan ini yakni mendatangi acara bedah buku di Surabaya. Lah, untuk acara itu sudah saya posting beberapa hari yang lalu dan setelah lebaran ini, agenda wisata sastra yakni ke Komunitas Sastra Pawon (Solo). Komunitas yang digawangi Bandung Mawardi atau Mas Kabut (begitu Mbak Sanie memanggilnya). Lah, agenda ini muncul atas rekom Mbak Sanie B. Kuncoro (penulis favorit saya, tulisannya keren-keren loh, kalau ndak percaya cari dan bacalah bukunya). Penulis yang buki-bukunya selalu best seller. Karya-karya beliau yang sudah saya baca di antaranya Garis Perempuan (novel), Ma Yan (novel), Cerita Perempuan (kumcer), Sayap-sayap Cahaya (kumcer), Kekasih Gelap (kumcer),  dan Mimpi Bayang Jingga (kumcer). Semua buku itu saya koleksi dan ada tandatangan penulisnya loh.

Walaupun acara ini tadi tidak sepenuhnya mengobati kerinduan saya,setidaknya cukup membuat kisah yang membekas. Sebab pada acara tadi, tidak semua awak bisa hadir dan ikut. Semoga ke depan, semua awak bisa berkumpul. Amin.

Beberapa foto yang lain (sory pakai kamera hape, bila gambarnya kurang maksimal):

image

image

image

image

image

image

image

Ya, mungkin itulah catatan hari ini dan cerita dari saya. Kalau ceritamu yang paling berkesan di Bulan Ramadan ini apa?***

Twitter: @akhmadfatoni1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s