12 Pertama Adalah Kesibukan

image

Sudah tiga hari saya tidak posting sesuatu di CAF. Ketika saya ngabuburit di belakang rumah sembari merasakan semilir angin, suara itik, langit biru tanpa awan sedikit pun, juga sembari menunggu senja jatuh, tiba-tiba saja ingin menulis sesuatu. Ah, tapi apa yang harus ditulis? Rasanya tidak ada yang ditulis di langit adalah kita. Langit memang nampak polos sore ini, mungkin seperti kamu, tapi ada sesuatu yang menarik di atas kepala saya, dua penjepit baju itu.

Saya teringat PBT, kemarin adalah 12 pertama kita (dari 93 Hari Menuju Impian). Kita tidak bercakap sedikit pun. Tidak bbm. Tidak sms. Juga telpon. Kita ditelan kesibukan masing-masing.

Saya terlalu sibuk dengan tesis yang sudah melebihi deadline. Ya, sebenarnya beberapa hari yang lalu saya sudah harus mengumpulkan dan mendaftar untuk ikut ujian. Ah, tapi saya harus wawancara lagi, mencari data lagi, mencari buku lagi, dan juga merelakan tidur nyenyak.

Sedangkan di sana PBT juga demikian, sebenarnya ia iba melihat saya begitu keras berjuang tesis. Ia sempat membantu saya inkripsi hasil wawancara (rekaman). Data rekaman kurang lebih berjumlah 18 yang durasinya 20-70 menit. Mendengar saya mendekati deadline, sebenarnya ia ingin membantu tetapi tugas kuliahnya juga meraung-raung.

Kita sama-sama kuliah. Bedanya, saya melanjut studi strata kedua, dia strata pertama. Saya tidak bekerja (ikut lembaga, tetapi abdi setia kata-kata), sedangkan dia bekerja di instansi pemerintah. Namun yang sama adalah kita sama-sama suka menulis. Dan pada dua belas pertama, kita sama-sama sibuk dengan menulis. Menulis tugas untuk kuliah.

Semoga di dua belas kedua, kita sudah bisa melakukan kesibukan bersama. Berdua. Entah itu apa. Mungkin kita mendekatkan jepitan baju berdua sembari bercerita tentang senja dan kukila. Ya, mungkin saja. ***

Twitter @akhmadfatoni1

Tinggalkan Balasan

