Perlukah Foto Selfie?

Saat ini, fotografi sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang asing dan mewah seperti dulu. Teknologi sudah berkembang, layaknya Wijaya Kusuma yang mekarnya tiba-tiba. Ya, seperti itulah. Kadang saya sendiri merasa minder bila melihat teman-teman update gadged sedangkan hape saya masih butut dan diiket sama gelang karet. Ada perasaan seperti itu, namun saya tipe orang yang memiliki persedian percaya diri berlebih. Itulah yang membuat saya terus bergerak dan tidak takut bergaul dengan siapapun. Ah, tapi ternyata teman-teman yang malah minder punya teman seperti saya. Malu punya teman yang saat kongkow tiba-tiba mengeluarkan hape butut (dikareti pula) dari dalam tas.

Jika ada teman yang seperti itu, maka saya tahu diri. Saya tidak akan dekat-dekat mereka lagi. Saya tidak mau mengurangi kenyaman mereka saat kongkow. Sampai akhirnya kita tidak pernah lagi bersama. Seleksi alam. Mungkin. Saya memang kurang begitu suka dengan orang yang pilih-pilih teman, apalagi memandang dari penambilan dan harta. Memang sih, saya orang miskin, tapi apa yang saya pakai saat ini adalah hasil keringat sendiri.

Begitulah, kejadiannya sekitar enam tahun yang lalu. Roda berputar. Saya kini sudah bisa seperti teman saya kala itu. Gadged walau tidak mahal, tapi sudah bisa mengakses situs populer dan komunikasi mobile. Kamera pun sudah menjadi tentengan sehari-hari. Ah, namun saya kerap malu ketika bertemu teman atau orang yang hidupnya begitu sederhana. Yah, saya merasa malu pada diri sendiri. Respon diri, tentu tidak memegang gadged sama sekali, tidak kamera, tidak juga hape, kecuali memang harus “bekerja”. Namun sebisa mungkin, saya menggunakan alat sederhana dalam wawancara, yang juga selalu saya bawa ke mana-mana, buku dan polpoin.

Begitulah, banyak sekali yang berubah. Semoga saya tidak berubah menjadi lebih buruk, walaupun secara fisik sudah semakin tua karena usia terus bertambah. Teknologi, semoga tidak membuat saya makin enggan berbagi. Materi, semoga mampu membuat saya tetap berbagi rejeki. Ya, semoga.

Mengenai fotografi, seperti yang sempat saya singgung di awal tulisan ini. Semua sudah bisa memotret. Mengabadikan momen. Beberapa menit lalu, saya membaca blog teman (yang memang blognya saya ikuti) dengan postingan foto-foto selfie, membuat saya terinspirasi. Terimakasih. Tentu selanjutnya, sobat CAF tahu kelanjutannya kan? Yups, benar, saya akhirnya menulis ini.

Berbicara foto, tentu bagi saya itu sebagai wujud eksistensi diri ya, saya memiliki beberapa foto diri (walau terkesan kaku, sebab bukan fotogenik) yang amat mampu menarik perhatian. Bukan berhatian cewek loh ya? Sebab diri ini sadar kalau tampang pas-pasan. Hehehe… Lebih pada kepuasan pribadi saja, di mana saya merasa puas bila melihatnya. Juga sering saya pajang di media sosial tentunya, inilah di antaranya:

image
Foto di Simpang Lima Kediri.
image
Foto di Pacet dekat Kali Kromong, backgroud sengaja dihapus untuk efek ekspresi.
image
Foto di Kebun Raya Purwodadi.
image
Foto di salah satu vila daerah Pacet setelah kegiatan usai.
image
Foto di teras musalah SMAN 1 Kutorejo setelah melatih teater.
image
Foto di area Candi Bajang Ratu, Trowulan, saat motret.

Yah, beberapa foto itulah yang membuat saya senang melihatnya. Sebab di balik foto itu semua, menyimpan kenangan yang dalam dalam perjalanan hidup saya. Tentu, semua orang saya percaya punya kisah. Dan dari beberapa foto itulah, momen “besar” yang sulit terlupakan, dari yang sakit hingga menyenangkan. Tentu, masih banyak selain itu foto diri yang saya suka, namun beberapa foto itulah yang banyak menyimpan kisah.

Sobat CAF tentu juga punya cerita tentang itu? Bagaimana cerita kalian?

Twitter: @akhmadfatoni1

Tinggalkan Balasan

