Masuknya Gampang, Keluarnya Susah

Setidaknya pensilku (semangatku) harus kuperpesar seperti gambar yang aku temukan di internet dan aku gunakan menjadi ilustrasi dalam tulisan ini. Jika tidak begitu, maka harus bingung mencari biaya kuliah lagi. Semoga saja semua persyaratan sudah beres sebelum tenggat waktu.
Setidaknya pensilku (semangatku) harus kuperpesar seperti gambar yang aku temukan di internet dan aku gunakan menjadi ilustrasi dalam tulisan ini. Jika tidak begitu, maka harus bingung mencari biaya kuliah lagi. Semoga saja semua persyaratan sudah beres sebelum tenggat waktu.

Semester ini, ganjil, aku genap semester empat? Loh kok bisa? Begini, aku terdaftar sebagai mahasiswa Magister kajian sastra dan budaya, FIB, Unair, pada semester genap, sehingga di semester ini aku baru semester empat. Kalau mahasiswa yang masuknya semester ganjil ya sudah molor satu semester alis semester lima.

Namun aku merasa proses kali ini terasa sebagai “sulit keluar”, sebab bila mau lulus harus melenggapi tiga persyaratan yakni Lulus tes ELPT dengan skor 475, publikasi jurnal, dan selesai ujian tesis. Persyaratan pertama dan kedua itu yang membuat aku ketar-ketir. Syarat pertama karena aku lemah dalam urusan bahasa Inggris. Syarat kedua, jurnal dalam setahun hanya terbit selama 2 kali. Kalau syarat ketiga, aku agak tenang karena sudah selesai riset, tinggal menunggu persetujuan dari kedua dosen pembimbing. Sebelum menulis ini, aku tadi sudah menerima perintah revisi dari dosen pembimbing pertama, baru setelah itu dikirim kembali via email. Kalau sudah dapat lampu hijau, baru diprint dan didaftarkan ujian.

Konon, Desember yang sudah bulan depan. Semua persyaratan harus sudah beres. Wah, sudah kurang satu bulan lagi. Mampus aku. Semoga saja ada keajaiban datang. Kemarin untuk sarat kedua, sudah aku kirim artikel jurnal dengan judul Rashomon dan Perempuan Tua dalam Rashomon. Sebuah kajian tentang sastra bandingan. Pada tulisan itu, aku mengkaji cerpen Dadang Ari Murtono (DAM) yang tahun 2011 lalu mendapat kejaman dari publik sastra sebagai plagiarism dari cerpennya Akutagawa. Semoga saja, tulisan itu bisa dimuat, sehingga persyaratan kedua bisa terpenuhi.

Persyarat pertama, tadi aku sempat tes TEP, namun hasinya hanya 347. Oh iya, apakah TEP dan ELPT itu sama? Ah, entahlah aku kurang mudeng. Sekarang tinggal menunggu pembukaan ELPT di Pusat Bahasa Unair. Daftar. Semoga tes selanjutnya bisa mencapai target.

Cukup memusingkan juga. Kamu punya kisah sepertiku?***

Tinggalkan Balasan

