Pilkada Serentak 9 Desember 2015

Janji-janji politik dilontarkan. Tidak jarang pula, dana dikucurkan demi lancarnya suara. Menjelang pemungutan suara, para calon ada juga yang memberikan “jariyah politik”. Ada yang memberi sedikit, hanya cukup membeli sebungkus rokok plus secangkir kopi. Ada pula yang memberi banyak, hingga cukup untuk membeli hape termurah keluaran tahun ini.

image
TPS mulai sepi. Seusai memberikan suara, langsung saja mampir warung kopi dan membicarakan kemungkinan siapa calon yang akan jadi. Meski nanti mereka melupakan laskar warung kopi ini, bagi mereka tak ada arti. Itulah, wilayah politik negeri ini.

Ketika dipikir, rakyat sangat antusias dengan para petinggi. Namun mirisnya, ketika mereka sudah duduk di kursi incaran. Mereka melupakan suara-suara tulus yang mendukung mereka. Sungguh menyedihkan.

Tentu, sebagai seorang intelektual hal itu perlu ditindaklanjuti dengan serius. Mari kita kawal mereka hingga tidak lupa dengan rakyatnya. Jangan segan mengkritik dengan elegan, bukan kritik jalanan (yang sorak-sorak hore karena sudah diberi “amblop”).

Memang perubahan tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi bukan berarti sulit direalisasi. Gerakan perubahan harus dilakukan sejak dini. Gerakan dengan membentuk SDM yang berkualitas.

Perubahan itu, mari kita mulai dengan hal-hal kecil. Buang sampah pada tempatnya. Menolong orang yang butuh bantuan. Tidak menyerobot lampu merah. Rela antre walau deretan mengular. Membiasakan membaca. Juga membagikan informasi dengan suka rela.

Mari berubah. Mari menjaga bersama negara tercinta. Jangan hanya mengandalkan para petinggi, tanpa kita membantu dan bersinergi. Perubahan harus serentak. Pemimpin hanya memfasilitasi, jika kita tidak berubah, tentu generasi penerus kita nanti akan semakin sengsara.

Ayo, bersama mencipta perubahan untuk Indonesia yang subur, indah, dan kaya. Mari menjadi tuan rumah di negeri sendiri, jangan biarkan orang asing menjadi tuan rumah dan kita menjadi “tamu”. Kibarkan semangat berubahan di jiwa. Bersama kita bisa.*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s