Solidaritas Abal-Abal

Hari ini banjir status ucapan, facebook, twitter, ig, bbm, wa, semua pada banjir ucapan selamat hari ibu. Hal itu dilakukan di media sosial, media untuk menunjukkan aktivitas sosial. Ya wajar saja. Namun ada saja yang mencemooh dengan membuat status tandingan. “Podo gawe status hari ibu, giliran dikongkon tuku brambang sak-sek, sak-sek.”

Beda, hal itu beda. Media sosial memang untuk narsis (walaupun ada manfaat lain, bukan manfaat utama, yang dampaknya sangat besar terhadap perubahan sosial).
Saya berbeda dengan kebanyakan orang, di hari ibu, saya membuat ibu menangis bersimbah airmata.

Saya menegur hingga memberikan dalil sampai rujukan keilmuan. Ibu menangis, airmata tidak ada hentinya mengalir. Itulah persembahan saya untuk ibu, saya sayang kepada beliau. Tatkala salah, maka harus menegurnya. Mengeluarkan ilmu yang saya pelajari sedari kecil, yang dari keringatnya biaya itu tumpah, demi membuat ia percaya.

Saya lebih bahagia, ibu menangis karena ingin menjadi lebih baik, bukan tersenyum karena ucapan manis semata. Saya mencoba merenungi hari peringatan ini. Salah satu apresiasi dari khalayak yakni membuat solidaritas abal-abal yang berupa ucapan semata, tanpa ada tindakan perubahan.

Namun doa saya, semoga dari status yang banjir itu ada yang tergerak untuk introapeksi diri. Meningkatkan pengabdiannya pada ibu yang mengandung, melahirkan, mendidik, dan mendoakan sepanjang waktu.

Perubahan tidak harus dari hal-hal besar. Bila dicermati dan dikaji, status ucapan selamat juga merupakan gerakan sederhana. Tentu banyak hal lain yang bisa dilakukan, seperti menyegerakan bila diperintah ibu semisal beli brambang. Mari berubah. Mari memulai dari hal yang sederhana.

image
Salah satu gerakan sederhana itu bisa juga membantu meringankan pekerjaan ibu, menyapu.
Tinggalkan Balasan

