Menuju Indonesia yang Lebih Baik

Korupsi di Indonesia seolah menjadi budaya massa yang terus berkembang layaknya trend kekinian. Bobroknya mental membuat perilaku korup menjadi rutinitas wajib yang tidak perlu malu menjalaninya. Lantas bagaimana Indonesia ke depan bila perilaku korup terus tumbuh dan mengakar? Maka kita tinggal menunggu keroposnya (dan hancur) menjadi kepingan-kepingan reruntuhan yang perlahan hilang tertiup debu dan arus waktu.

Semoga saja itu tidak terjadi. Semoga itu hanya sekadar mimpi dan tatkala kita bangun Indonesia menjadi lebih baik, maju, dan berbudaya tinggi.

Mengenai hal itu, Afrizal Malna dalam sebuah tulisan yang berjudul Indonesia Pengertian yang Korup pada Dirinya Sendiri (Membaca Metafor Sejarah: Kenapa Kamu Membunuh Ayahmu Sendiri) yang disampaikan dalam Festival Seni Surabaya (FSS) 2010  menemukan tujuh jalan keluar menuju Indonesia lebih baik. Tulisan Afrizal Malna secara lengkap juga bisa dibaca di buku berjudul Sastra Indonesia 25 Tahun ke Depan yang diterbitkan Festival Seni Surabaya tahun 2010. Tujuh rumusan tersebut yaitu:

1. Menempatkan subjek kebudayaan dengan jelas dalam kebudayaan.
2. Mengurangi sekian banyak perundang-undangan yang membelenggu hidup rakyat.
3. Membantu rakyat secara konkret dari berbagai hambatan untuk menaikkan tingkat kualitas produktivitas mereka maupun penghasilan mereka.
4. Penggunaan pajak dan dana-dana negara dalam perencanaan yang diketahui rakyat, serta akuntansi publik yang bisa diakses rakyat dari penggunaan dana tersebut.
5. Informasi yang mudah diakses atas alokasi dana negara untuk kegiatan-kegiatan nonprofit seperti kegiatan pemuda, olahraga, kesenian, pendidikan, lingkungan, anak-anak maupun perempuan.
6. Mengurangi ikon-ikon kelompok yang bisa menjadi agresi untuk keberagaman kita.
7. Menempatkan sejarah sebagai lembaga pembacaan kritis.

Ketujuh jalan keluar yang sangat diharapkan. Setidaknya, bagi saya pribadi. Jika kamu juga sependapat dengan pendapat Afrizal Malna tersebut, maka sebarkan tulisan ini agar bisa dibaca seluruh rakyat Indonesia, pejabat (wakil rakyat) dari RT hingga Presiden. Semoga Indonesia menjadi lebih baik, bebas dari perilaku korup. Amin. *

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s