Menuju Desa Melek Budaya dan Literasi

Yah, sejak kepulangan saya ke kampung halaman di awal tahun ini, saya ingin benar-benar mengabdikan diri sepenuhnya. Pebruari lalu, tepatnya tanggal 29, selain sebagai hari ulangtahun, saya mendirikan Rumah Budaya Akhmad Fatoni (RBAF). Program RBAF yang sudah berjalan yaitu Perpustakaan Cerita dan Pojok Ideologi.

Lah, kalau RBAF adalah program independen saya sebagai sebuah pengabdian pada desa, maka besok saya memulai dengan melibatkan pemuda dan pemudi desa. Saya besok berencana mengajak beberapa pemuda dan pemudi untuk berkumpul. Perkumpulan itu untuk membuat medsos bagi desa tempat kita tinggal.

Yah, itu salah satu program menuju “Desa Melek Budaya dan Literasi” yang saya canangkan. Sebelumnya, saya mencari siapa-siapa yang mau bergabung. Awalnya pesimis, namun saya tetap berupaya dan akhirnya ada juga yang merespon.

image
Logo itu saya buat dari hape, tentunya kurang menarik. Namun sebagai langkah awal, agar tidak kosong maka saya buatlah logo itu di hape. Nama medsos kita nanti SEPUTAR MOJOREJO.

Nama Seputar Mojorejo berawal dari nama desa saya, yaitu Mojorejo. Kata “Seputar”, saya pilih karena nanti berbicara (isi intinya) tentang potensi di Desa Mojorejo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Besok pukul Sembilan pagi, kita berkumpul di balai desa. Membicarakan tentang Seputar Mojorejo, medsos yang mengabarkan potensi desa. Rencananya akan hadir di Facebook, Instagram, dan Twiter. Namun sampai hari ini, saya baru menyiapkan fanpage Facebook-nya saja, bisa ditengok di sini.

Semoga saja, langkah ini bisa mendekatkan misi Membangun Desa Melek Budaya dan Literasi. Semoga.

Penulis: AKHMAD FATONI

Lahir di Mojokerto, 29 Pebruari 1988. Alumnus S1 sastra Indonesia, Unesa (2010) dan S2 Kajian Sastra dan Budaya Universitas Airlangga (2016). Bukunya: (1) Lengan Lirang (Puisi, 2012); (2) Kredo Mimpi (Esai, 2014); (3) Tembang Dolanan (Puisi, 2015); (4) Meja Nomor 8 (Cerpen, 2016). Email: fatoni.akhmad@gmail.com

14 tanggapan untuk “Menuju Desa Melek Budaya dan Literasi”

  1. siang mas, saya sudah sedikit membaca beberapa tulisan mas di blog ini, suka sama idenya membuat desa melek budaya, klo boleh tau kegiatanya seperti apa ya, terus budaya yang akan dipelajari seluruh budaya yang ada atau budaya khusus daerah desa tersebut, terimasih 🙂

    Suka

      1. Saya bukan pakar, cuma pekerjaan sy sedikit bersinggungan dg desa.. jadi, sedikit tau.
        Mungkin bisa di-add facebooknya Derap Desa, di Majalah Derap Desa. Sorry gak bisa kasih link hidup.. ol pake hape gak tau caranya.. 😁

        Disukai oleh 1 orang

        1. Iya, aku juga cuma pakai hape. Barusan baru tahu cara memasukkan link di posting. Hehehe

          Btw, makasih infonya. Aku butuh info soal desa. Mulai dari UU, Struktur Pemerintahan, Program Desa, Kewajiban Desa, Hak Desa, dll.

          Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.