Penghargaan dan Hal-hal yang Menjengkelkan

Saya sebelumnya pernah membaca postingan Bu Dyah yang isinya penghargaan dari WP. Postingan itu, nampaknya memberi inspirasi saya pagi ini. Begitulah.

Tentunya, saya ucapkan terimakasih pada Bu Dyah atas inspirasinya. Btw, pagi ini ketika saur, hujan mengguyur. Entah sejak kapan saya itu begitu mencintai hujan.

 
Rasanya, saya begitu tenang tatkala hujan. Ya seperti ada yang mendongengi. Apalagi kalau hujan sedang tidak ada aktivitas, tentu saya akan selonjoran. Setelah itu pasti sudah bisa ditebak, tertidur. Hahaha

Oke, lanjut lagi soal penghargaan. Beberapa waktu lalu, penghargaan juga saya peroleh dari WP. Saya sebenarnya tidak asing dengan WP, enam tahun saya mengelolah website berbasis WP. Namun saya baru sejak setahun lalu bisa merasakan nyaman memakai WP. Tepatnya sejak memakai aplikasi WP mobile, yang saya pakai sejak mematikan domain.

Loh kok dimatikan kenapa? Begini, entah saya yang jadul atau gimana. Jelasnya, ketika saya beli domain dulu selalu banyak backlink dan komentar yang tidak jelas. Intinya mereka hanya meninggalkan link. Sehari bisa ada 100 komen yang backlink. Saking jengkelnya, akhirnya pada domain itu saya tutup kolom komentarnya. 

So, jadinya domain berbayar saya itu sepi. Tidak ada lagi backlink dan juga sirkulasi yang membuat saya antusias menulis. Namun entahlah, saya masih saja semangat menulis. Sampai akhirnya dapat kendala baru, yaitu domain saya di hank. Ah, sebel deh. 

Namun itu tidak membuat jengah, saya panggil teknisi untuk memperbaiki. Domain lancar lagi. Sampai akhirnya kejadian itu terus terulang dan membuat saya tidak memperpanjang domain. Efeknya, semua postingan saya hangus. 

Namun sampai akhirnya, nama domain saya kembali ke mula dengan basis wordpress ini. Ah, tapi semua tulisan lenyap. Namun dengan semangat baru, dua tahun lalu saya memulai akun gratisan ini. 

Betapa kagetnya ketika saya mendapatkan komentar dan juga like. Di mana keduanya bukanlah spam, seperti waktu saya memakai domain berbayar. Wah, saya jadi semangat. Apalagi setelah itu ada arus yang makin bikin semangat.

Tentu ini sebuah kebahagiaan bagi saya. Saya makin cinta dengan akun gratisan ini. Meskipun kadang sesekali masih salut melihat akun berbayar temen-temen yang ternyata bersih dari postingan berkeluh kesah dari backlink dan hacker. 

Yups, saya tidak menemui itu di akun berbayar mereka. Salah satunya Mbak Noni, yang ketika postingan terakhirnya tentang lebaran pengikut domain mencapai seribu lebih, tapi belum pernah saya menemukan post keluh-kesah soal ini. Namun pertanyaan saya, apakah memang itu tidak terjadi? Atau memang sudah punya cara khusus mengatasinya? Tolong dong berbagi. 

Iklan

8 thoughts on “Penghargaan dan Hal-hal yang Menjengkelkan

      1. Masalah spam-spam Dan baclink itu ya? Berarti masalahnnya gimana punya domain sendiri dan terhindar Dari ‘sampah’ komen. Mungkin gitu ya. Kenapa giliran free malah bebas?

        Disukai oleh 1 orang

        1. Juga gangguan hacker, pernah dulu domainku di hack sampek 3 kali. Puyeng deh, biaya perawatan kalau ndak paham soal kode html, rumit banget. Jadinya aku pakai jasa web, dan bisa diduga ada biaya perawatan. Mahal. Makanya nyebelin buatku. Mungkin lain cerita kalau paham perihal kode html.

          Suka

        2. Kelupaan, soal ‘sampah’ komen, ‘kan begini, kalau kinerja domain berbayar kan lebih yahut menuju mesin search, beda sama gratisan. Kita perlu rajin stalk blog, komen sana-sini, dan yang hal itu mungkin nggak perlu dilakuin bila memilih beli domain berbayar.

          Suka

            1. Itu kalau pengalamanku dulu sih, ya mungkin gegara aku gaptek itu kali ya? Ah, entahlah, aku lebih nyaman di sini, gratis, dan ndak terkena biaya domain pertahun yang harganya selalu naik, aku dulu dari 70 ribu, sampai terakhir aku bayar 125. Sekarang untuk langganan sudah 180-an pertahun.

              Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s